Wednesday, September 2, 2015

Banjarmasin bukan hanya kota seribu sungai


Benarkah sungai yang ada di Banjarmasin mencapai seribu sungai? Siapa yang pernah menghitungnya dan dimana saja seribu sungai tersebut? Banjarmasi tidak hanya mempunyai seribu sungai namun tidak terhitung banyakanya karena Banjarmasin memang kota yang dikelilingi oleh sungai. Sungai Barito misalnya, sungainya memang satu tapi luasnya lebih dari seribu.




    Banjarmasin adalah ibu kota provinsi Kalimantan Selatan yang sudah berumur 488 ini merupakan kota yang menjadi tujuan wisatawan dari dalam Negri maupun luar Negri selain balikpapan, Samarinda, Pontianak dan beberapa kota lainya di Kalimantan. Banjarmasin mempunyai daya tarik tersendiri melalui seni musik dan tari serta makanan khasnya. Mungkin banyak orang mengira hanya sungai yang bisa kita nikmati di Banjarmasin, namun itu hanya bagi orang yang belum tahu dengan keragaman lainnya yang ada di banjarmasin. Banjarmasin mempunyai kain khas yaitu batik sasirangan, Banjarmasin juga mempunyai alat musik khas yaitu panting, serta Banjarmasin mempunyai makanan khas yang paling disukai yaitu soto Banjar. Itu semua adalah keragaman yang ada di Banjarmasin, yang pasti kita temui apabila berkunjung ke kotanya. Tapi sebelum kita menemui langsung keragaman tersebut akan lebih baiknya apabila kita mengulik sedikit tentang keragaman tersebut.

    Musik panting merupakan Musik khas dari Banjarmasin yang dimainkan untuk pertunjukan tari-tarian daerah ataupun pengiring untuk lagu-lagu banjar, lagu banjar yang biasa diiring memakai musik panting seperti, lagu Ampar-ampar pisang dan juga lagu Paris Barantai. Musik panting mirip dengan alat musik gambus hanya saja panting lebih kecil namun untuk segi suara hampir sama saja.  Untuk memainkannya dengan cara dipetik hampir sama seperti gitar dan gambus. Musik panting termasuk alat musik yang mudah digunakan, tua maupun muda cocok memainkan musik panting, apalagi lagi untuk orang yang suka musik melayu sangat pas apabila mendengarkan atau memainkan alat musik panting.

    Makanan khas yang ada di Banjarmasin cukup banyak, namun yang menjadi iconic yaitu soto banjar dan wadai bingka. Dua makanan khas itu memang menjadi makanan wajib apabila berkunjung ke Banjarmasin. Setiap daerah memang punya Soto Khasnya masing-masing, namun soto banjar juga tidak kalah enaknya dengan soto lainya. Rasa sotonya yang kuat akan rempah membuat rasanya gurih dan semakin enak apabila ditambahkan sate ayam saat menikmatinya. Soto banjar memaki ketupat sebagai pengganti nasi, namun kalau ingin pakai nasi juga akan sama rasanya. Untuk merasakan sensasi berbeda memakan soto banjar, kita bisa menikmatinya di pasar terapug, kita akan makan soto tersebut di atas jukung (alat transportasi khas kalsel) sambil menikmati pemandangan sungai.

No comments:

Post a Comment