Wednesday, April 6, 2016

SI CEROBOH ICHA

Kriiiiiinnnngggggggg bell sekolah telah berbunyi dan pak satpampun mulai bergegas menutup gerbang sekolah. ‘’paaakkkkkkk satpan tunggu paakkkkk’’ yah itu adalah suara Icha, iya nak.......” jawab satpam itu,” jangan di tutup dulu pintunya pak”icha menjawab dengan ngosngosan karena icha habis lari dari seberang jalan. “tidak bisa nak kamu sudah terlambat, kamu harus nunggu di luar sampai jam pelajaran ke duadengan tegas satpam itu menjawab pertanyaan Icha. Akhirnya dengan rasa sedih Icha pun menunggu di luar gerbang sekolah, dan dia merenungkan kesalahan yang dia perbuat kenapa tadi dia tidak bangun pagi dan mematui apa kata orang tuannya. Hanya rasa penyesalan yang ada di pikiran Icha dia sudah tidak bisa mengikuti ulangan IPA dan dia malam tadi bukannya belajar malah menonton acara TV kesukaannya itu sehingga dia bangun kesiangan dan dia berjanji tidak akan terlambat lagi karena Icha baru pertama ini terlambat.
Akhirnya jam pertam telah usai dan satpam itu membukakan gerbang “Ayo yang terlambat silakan masuk, sekarang sudah jam ke duadengan suara yang nyaring satpam itu berbicara pada anak-anak yang terlambat, dengan rasa senang Icha langsung bergegas masuk ke sekolah. Namun Icha sangat malu sekali mau masuk kelas, dengan keberanian dan rasa penyesalan amat dalam Icha pun memberanikan untuk masuk kelas, “assalammualikum, maaf bu saya terlambat” kata Icha dengan menundukan kepalanya, “waalaikum salam, lo Icha kamu terlambat, baru kali ini ibu melihat kamu terlambat?” guru itu menjawab dengan wajah tidak percaya kalau Icha terlambat,”iya bu saya tadi malam bergadang melihat Tv dan paginya saya bangun kesiangan” kata Icha dengan ketakutan. “ya udah tidak apa-apa besok-besok jangan sampai bergadang lagi ya karena bergadang itu tidak baik, dan kamu juga sudah tidak ikut ulangan IPA pada jam pertamadengan nada lembut guru itu menasehati Icha,”iya bu sekali lagi saya minta maaf”. Dengan rasa sangat malu dan bersalah icha menganggukan kepala.
Dari cerpen diatas kita dapat simpukan jangalah membuang-buang waktu yang ada hanya dengan melakukan hal yang tidak bermanfaat, dan juga jangan menyepelehkan hal yang kecil seperti orang tua menyuruh mu ataupun belajar bagi adek-adek yang masih sekolah, sedikit kecerobohan akan membuat masalah yang sangat besar sehingga hati-hati dalam menjalankan hidup.

No comments:

Post a Comment